Rabu, 02 September 2015

Kuliner Khas Palaan

Bagi warga Palaan dan sekitarnya, istilah WTS atau Warung Tengah Sawah ini sudah populer. Bahkan sampai juga ke telinga warga Kepanjen dan sekitarnya. Apalagi bagi yang terbiasa berpelesir ke daerah gunung Kawi atau juga yang sering ziarah ke Pesarean Gung Kawi. Tak jarang mereka menyempatkan diri mampir ke WTS ini.
Pada awalnya, WTS didirikan di
pinggir persawahan jalan poros Talangagung menuju Gunung Kawi. Untuk menemukan WTS ini sangatlah mudah, kira-kira 3 km dari perempatan Talangagung ke arah Ngajum ataupun Gunung Kawi, setelah memasuki areal persawahan wilayah desa Ngasem dan Palaan kita akan langsung tahu keberadaan WTS.
Apalagi ada bau khas saat kita lewat di dekat WTS ini. Bisa dipastikan akan tergoda keinginan untuk mampir. Apalagi saat sang juru masak sedang menggoreng ikan. Bau menyengat dan gurih mengalir melewati rongga hidung. Sedap dan maknyus baunya.
WTS ini dibuka sekitar tahun 2004-2005, didirikan sejak pemiliknya kalah bersaing dalam pemilihan kepala desa. WTS buka jam 07.00 WIB hingga sore kadang malam hari. Di warung ini tersedia berbagai macam masakan sayur ayam pedas, ikan lele, ikan mujair , ayam goreng, bebek goreng serta segala macam masakan bersantan dan bening didukung dengan segala minuman tapi bukan minuman keras. Bagi orang yang terbiasa dengan ukuran nasi yang over atau suka nasi campur jagung juga disediakan. Yang untung lagi, pelanggan bisa mengambil sendiri kebutuhan nasi untuk ukuran perut pelanggan.. Nah, kalau ada yang belum sempat mampir. Gak ada salahnya untuk mencoba kuliner ini.